Mengenalkan Makanan Pendamping Asi (MPASI) pada Anak

Selain memberikan asupan asi, pemberian makanan bertekstur juga sangat penting untuk diperkenalkan kepada si kecil. Karena dengan seiring bertambahnya usia, kebutuhan gizi yang dibutuhkan anak pun akan ikut bertambah. Oleh sebab itu, kita harus mulai mengenalkan makanan pendamping asi (MPASI) pada anak.

Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) adalah makanan yang diberikan sebagai pendamping bagi bayi yang sedang menyusui.

Mengenalkan makanan pendamping asi (MPASI) pun harus pada waktu yang tepat, tidak boleh terlalu cepat dan tidak boleh terlalu telat. Baiknya, pemberian MPASI bisa mulai dilakukan ketika anak telah menginjak usia 6 bulan atau lebih. Pada usia tersebut, anak mulai bisa mencerna makanan yang bertekstur secara perlahan.

Kenapa MPASI dikenalkan pada usia 6 bulan?

Kenapa MPASI dikenalkan pada usia 6 bulan
(Sumber: inewsfoto)

Kebutuhan harian bayi pada usia 6 bulan ke atas akan terus meningkat. Pemberian ASI saja pun dinilai tidak cukup jika harus diberikan tanpa adanya makanan pendamping. Karena itu, mengenalkan MPASI pada anak akan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhannya.

Pemberian MPASI juga harus diperhatikan, tidak bisa diberikan terlalu telat dan tidak bisa pula diberikan terlalu dini.

Terlalu telat

  • Bayi akan kesulitan untuk mencerna makanan bertekstur.
  • Sulit untuk menerima makanan baru dan menjadi picky eater karena tidak terbiasa.
  • Gangguan pada pertumbuhan karena kebutuhan harian tidak tercukupi.

Terlalu dini

  • Resiko tersedak karena belum dapat menelan dengan baik.
  • Gangguan pada pencernaan karena belum bisa mencerna secara maksimal.
  • Rawan mengalami obesitas, diare, serta alergi.

Hal penting yang harus diperhatikan selama mengenalkan MPASI

Hal penting yang harus diperhatikan selama memberikan MPASI
(sumber: Niran Movie)

Dalam memberikan MPASI, ada beberapa hal penting yang sangat baik dan dianjurkan untuk diperhatikan pada saat mengenalkan MPASI pada anak. Berikut 4 hal penting yang harus diperhatikan:

Tepat Waktu

Seperti yang telah disebutkan di atas, pemberian MPASI pada anak tidak boleh terlalu dini dan juga tidak boleh terlalu telat. Hal ini dilakukan demi kesehatan sekaligus kelancaran anak dalam mencerna makanan-makanan kedepannya.

Cukup

Memberikan MPASI merupakan cara orang tua untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Tetapi dalam memberikan nutrisi dan makanan, para orang tua juga harus tetap memerhatikan porsi dan juga nutrisi yang diberikan. Agar makanan yang masuk ke dalam, bisa sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang si anak.

Diberikan dengan tepat

Jangan memaksa si kecil! Dalam mengenalkan MPASI pada anak, jangan sesekali memaksa bayi untuk memakan makanan yang diberikan. Jika bayi sulit untuk diberikan MPASI dan menunjukan tanda menolak makanan, tawarkan makanan dengan santai dan tunggu si bayi hingga mau dengan sendirinya.

Aman

Penyajian saat mengenalkan MPASI juga harus diperhatikan. Tekstur dan bentuk makanan harus disesuaikan dengan yang dibutuhkan bayi. Kebersihan juga harus dijaga baik, dari alat yang digunakan sampai makanan yang akan dimakan oleh si kecil.

Untuk mendapatkan bahan makanan yang higenis dan terjaga kualitasnya, para orang tua bisa membeli bahan-bahan keperluan MPASI di aplikasi pasarnow. Produk-produk yang tersedia di pasarnow kualitas dan kebersihannya selalu dijaga. Kualitas gudang penyimpanan bahan makanan yang berada di pasarnow diperhatikan sedemikian rupa untuk menjaga kebersihan sekaligus kualitas produk makanan yang akan dikirim, sehingga bahan makanan yang kamu terima akan tetap aman diberikan kepada si kecil.

Yuuk belanja di pasarnow, selain bersih dan kualitasnya terjaga, belanja di pasarnow juga ada gratis ongkirnya loh. Belanja keperluan MPASI makin sehat dan makin hemat! Download aplikasinya sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *