Jus Buah dan Sayur Penurun Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang jumlah penderitanya bertambah setiap tahun. Berdasarkan data dari WHO (2019), jumlah penderita hipertensi secara global mencapai sebesar 22% dari total penduduk dunia. Asia Tenggara berada pada posisi tertinggi ke-3 dengan jumlah penderita sebesar 25% dari total penduduk. Selain itu, kebanyakan penderita hipertensi tidak menyadari bahwa mereka menderita penyakit tersebut.

Diperlukan upaya pengendalian terhadap tekanan darah yang dihadapi oleh penderita agar tidak semakin parah dan menyebabkan kondisi komplikasi, seperti stroke, jantung koroner, serta gagal ginjal. Berikut adalah jus buah dan sayur yang dapat menurunkan darah tinggi.

Jus Tomat

(Sumber: Liputan6)

Minum secangkir jus tomat setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung karena jus tomat dapat menurunkan tekanan darah, termasuk kolesterol jahat. Lebih baik jus tomat tidak dicampurkan dengan gula untuk menghindari natrium yang berlebihan.

Jus Bayam

(Sumber: Jawapos)

Kalium yang terkandung di sayur bayam dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Bayam yang diolah menjadi jus juga dapat mencegah penebalan dinding arteri, sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung. Oleh karena itu, penderita hipertensi disarankan untuk minum jus bayam ini.

Jus Seledri

(Sumber: CNN Indonesia)

Jus seledri merupakan obat alami yang bermanfaat untuk membantu mengatasi ketegangan saraf. Disarankan untuk meminum jus seledri secara rutin setiap harinya untuk menurunkan tekanan darah. 
Ketiga jus sayur dan buah tersebut sangat mudah dibuat di rumah dan dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Bahan-bahannya juga sangat mudah didapatkan di aplikasi Pasarnow karena sekarang belanja harian lebih mudah tanpa harus ke pasar. Banyak promo harian yang bisa kamu dapatkan agar belanja bisa semakin hemat. Download aplikasi Pasarnow di gadget kamu sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *