Pola Makan Sehat dan Bergizi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari akan memengaruhi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, makanan yang kita konsumsi harus yang sehat dan bergizi agar terhindar dari berbagai masalah pencernaan, obesitas, hingga berbagai penyakit lainnya. Pola makan sehat juga berarti mengonsumsi makanan yang mengandung unsur gizi seimbang dan dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Unsur gizi tersebut meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Pola makan sehat juga berarti menjalankan pola hidup sehat. Namun, tidak semua orang mau menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, dalam menerapkan pola makan sehat juga harus diikuti dengan konsistensi kita. 

Tips Pola Makan Sehat dan Bergizi

Jam makan yang teratur

(Sumber: Klikdokter)

Dalam menjalankan pola makan sehat dan bergizi, diperlukan jam makan yang teratur setiap harinya. Waktu yang tepat untuk sarapan adalah 1-2 jam sebelum memulai aktivitas dan tidak melebihi pukul 10 pagi. Setelah itu, untuk makan siang tidak boleh melebihi pukul 2 siang dan porsi makan juga disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Makan malam disarankan tiga jam sebelum tidur. Hindari makan terlalu malam agar tidak mengganggu kualitas tidur. Untuk makan cemilan atau selingan, bisa dilakukan pada pukul 10 pagi dan 3 sore.

Minum 8 gelas air putih

(Sumber: Pexels)

Tubuh kita memerlukan air agar menjaga tubuh tetap terhidrasi dan melancarkan metabolisme tubuh. Namun, kebutuhan air setiap orang berbeda-beda. Umumnya, tubuh memerlukan sekitar 2 liter atau setara dengan 8 gelas air setiap harinya. 

Bijak saat makan di restoran

(Sumber: Cleveland Clinic)

Saat makan di restoran, diusahakan untuk memilih makanan dengan cara pengolahan yang menyehatkan, seperti ditumis, direbus, dikukus, atau dipanggang. Selain itu, makanlah dengan porsi yang cukup. Jangan sampai berlebihan atau kekenyangan.

Konsumsi banyak makanan tinggi serat

(Sumber: HelpGuide)

Makanan yang berserat tinggi dapat melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, serta mencegah serangan jantung. Contohnya adalah jagung, tomat, kacang-kacangan, beras merah, roti gandum, dan brokoli. Kebutuhan serat pada pria dewasa adalah 34 gram setiap harinya, sedangkan wanita dewasa membutuhkan 28 gram setiap harinya.

Perbanyak makan buah dan sayur

(Sumber: The Independent)

Buah dan sayur mengandung banyak serat, mineral, dan vitamin yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung antioksidan yang dapat menghindari kita dari berbagai macam penyakit. Jadi, pastikan mengonsumsi buah dan sayur yang cukup setiap harinya.


5 tips pola makan sehat dan bergizi di atas dapat dipraktikkan setiap hari secara konsisten agar merasakan berbagai manfaatnya bagi tubuh. Buah dan sayur yang dimakan juga harus fresh agar kandungan di dalamnya lebih terjaga. Sekarang gak usah repot lagi cari buah dan sayur yang fresh karena ada Pasarnow. Kualitas produk Pasarnow sangat terjamin karena telah melewati 3 tahap quality control, jadi gak perlu ragu lagi deh! Yuk, belanja sebelum pukul 17.00 supaya langsung diantar besok paginya. Download aplikasinya sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *