resep mpasi

Pada saat menginjak usia 6 bulan, nutrisi yang dibutuhkan bayi mulai meningkat. Bayi di umur 6 bulan kebawah biasa memenuhi nutrisi dengan mengonsumsi asi, sedangkan pada usia 6 bulan, bayi sudah harus mulai dikenalkan dengan makanan pendamping agar kebutuhan hariannya dapat terpenuhi dengan baik.

Mengenalkan makanan pendamping asi (MPASI) pada anak merupakan hal yang cukup menyenangkan untuk dilakukan. Selain sang anak dapat bereksperimen untuk mengenal makanan yang diterimanya, orang tua pun turut ikut bereksperimen dalam menentukan resep MPASI yang akan diberikan untuk si kecil.

Walaupun menyenangkan untuk dilakukan, terkadang menyiapkan resep MPASI juga kerap membuat para Ayah-Bunda bingung. Mengkreasikan makanan jadi masalah yang agaknya membuat Ayah-Bunda kewalahan agar sang anak mau dan tidak bosan untuk selalu memakan makanan yang diberikan.

Ayah-Bunda tidak perlu khawatir lagi, Pasarnow akan memberikan beberapa resep MPASI yang dapat dijadikan inspirasi untuk membuat makanan pendamping ASI menjadi lebih beragam dan bernutrisi, yang pasti akan disukai oleh si kecil.

(Baca juga: Mengenalkan Makanan Pendamping Asi (MPASI) pada Anak)

Aturan Pemberian MPASI pada Anak

Mengenalkan makanan pendamping asi (MPASI) tidak bisa diberikan secara sembarangan. Ada aturan yang harus diperhatikan demi menghindari hal-hal buruk yang tidak ingin dialami pada anak.

Sebab itu, Ayah-Bunda harus bisa memerhatikan apakah bayi sudah siap atau belum untuk menerima MPASI, dengan cara melihat tanda-tanda yang telah ditunjukan oleh sang anak. Seperti, dapat menegakkan kepalanya sendiri, bisa duduk dengan baik tanpa bantuan, membuka mulut ketika diimingi makanan, dan tertarik pada makanan yang Ayah-Bunda makan.

(Baca juga: Tahap Mengenalkan Makanan Pendamping Asi (MPASI) untuk Anak)

Resep-resep MPASI untuk Anak

Ada banyak sekali berbagai pilihan resep MPASI yang bisa Ayah-Bunda olah untuk diberikan kepada sang anak. Berikut beberapa resep yang dapat Ayah-Bunda ikuti.

Puree Pisang

Pisang merupakan buah yang mengandung nutrisi tinggi yang cocok untuk diberikan kepada bayi. Cara membuat Puree Pisang pun mudah. Cukup gunakan buah pisang apapun yang sudah cukup matang, potong pisang, lalu haluskan dengan blender. Kemudia campurkan dengan susu formula/ASI.

Bubur Sayur

Sayuran juga merupakan pilihan bahan yang sangat baik untuk si kecil karena memiliki sejumlah manfaat yang beragam, khususnya brokoli. Cara membuatnya, kukus sayur brokoli hingga matang, dan potong kecil-kecil. Lalu haluskan dengan susu formula/ASI kemudian saring. Ayah-bunda juga bisa mengganti brokoli dengan sayur lain seperti bayam.

Bubur Daging

Daging memiliki sumber protein cukup tinggi yang sangat baik untuk dikonsumsi dan dibutuhkan anak. Ayam-bunda cukup pilih satu jenis daging (ayam/sapi/ikan) lalu rebus, sisihkan tulang/duri dan lunakan, kemudia berikan kaldu untuk mengencerkan makanan atau dijadikan sebagai kuah untuk mempermudah bayi dalam menelan makanan yang diberikan.

Pastikan bahan-bahan resep MPASI yang Ayah-Bunda siapkan diolah dengan kualitas yang baik. Jika bahan makanan yang diberikan tidak bagus, hal itu malah akan berdampak buruk pada sang anak.

Karena itu, untuk memastikan bahan-bahan resep MPASI yang Ayah-Bunda dapat dalam keadaan yang bagus, Ayah-Bunda bisa belanja kebutuhan resep MPASI untuk anak melalui aplikasi Pasarnow.

Pasarnow memiliki sistem 3x Step Quality Control yang sangat baik untuk menjaga kualitas bahan-bahan makanan yang akan dikirimkan ke rumah Ayah-Bunda. Selain itu, belanja di pasarnow juga penuh akan promo, harga miring, dan juga gratis ongkir. Pokoknya, belanja kebutuhan MPASI menjadi aman dan hemat! Yuk cobain sendiri kualitas terbaik yang dimiliki oleh Pasarnow, download aplikasi pasarnow sekarang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *