Seringkali kita membeli daging sapi dalam jumlah banyak, dan tidak semua daging yang terbeli bisa dimasak sekaligus. Solusi untuk mempertahankan kesegaran daging adalah dengan menyimpan daging sapi di dalam kulkas.

Namun cara menyimpan daging sapi di kulkas juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan jangan sampai dilewatkan. Berikut cara menyimpan daging sapi di kulkas dengan baik dan benar!

Bungkus rapat daging sapi

(sumber: Provisioner Online)

Sebelum menyimpan daging sapi di kulkas, pastikan daging diletakan pada kantong plastik tertutup atau wadah kedap udara agar kualitas daging tetap terjaga dan air pada daging tidak berceceran. Setelah daging sapi terasa sudah tertutup rapat, segera masukan daging ke dalam kulkas.

Catat tanggal pembelian

Catat tanggal pembelian sebelum menyimpan daging sapi di kulkas juga menjadi satu hal yang cukup penting untuk dilakukan. Mencatat tanggal pembelian akan membantu kita mengingat waktu penyimpanan pada daging agar daging bisa tetap segar ketika ingin diolah.

Setiap jenis daging memiliki waktu penyimpanan yang berbeda-beda:

Daging mentah (3-5 hari)
Daging matang (2-3 hari)
Daging giling, hati, dan lidah (1-2 hari)

Langsung masukan daging sapi ke dalam kulkas

(sumber: The Daily Meal)

Jika tidak ingin langsung dimasak, segera masukan daging sapi ke dalam kulkas agar daging tidak terkontaminasi oleh suhu ruangan. Mendiamkan daging sapi lebih dari 1 jam pada suhu ruangan dapat membuat daging berlendir dan tidak segar.

note: Ketika ingin dimasukan ke dalam kulkas, JANGAN cuci daging untuk menghindari kerusakan pada seratnya.

Letakan pada bagian bawah kulkas

(sumber: VVVproduct)

Penempatan letak daging di dalam kulkas juga harus diperhatikan. Karena daging cenderung memiliki bau yang pekat, letakan daging yang telah dibungkus rapat pada bagian rak bawa kulkas. Perhatikan pula suhu pada dalam kulkas, atur suhu kurang dari 4 derajat celcius agar bakteri pada daging tidak mudah untuk berkembang biak. Pastikan untuk rutin membersihkan kulkas secara berkala yaa, agar daging dan makanan yang berada di dalam kulkas dapat terjaga secara maksimal.

Bekukan di dalam freezer

(sumber: pinterest)

Jika ingin menyimpan daging sapi di kulkas pada waktu yang lama, simpan daging ke dalam bagian freezer untuk dibekukan. Dengan membekukan daging ke dalam freezer, waktu penyimpanan daging jadi bertambah lebih lama, dapat bertahan hingga 4-12 bulan.

Selain memerhatikan dengan benar cara menyimpan daging sapi di kulkas, memilih tempat pembelian daging juga harus diperhatikan. Karena, jika daging yang dibeli ternyata tidak segar, maka upaya untuk menyimpan daging di kulkas dengan benar juga malah jadi percuma.

Daging sapi yang bagus memiliki warna, tekstur, dan aroma yang tepat. Tidak berwarna pucat, tidak keras atau berlendir, dan tidak berbau busuk.

Untuk mendapatkan daging sapi yang selalu segar dan terjaga kualitasnya, kamu bisa membeli daging melalui aplikasi pasarnow. Dengan membeli daging di pasarnow, kamu akan mendapatkan jaminan kualitas. Tidak hanya itu, walau pun memiliki kualitas yang sangat baik, daging-daging di pasarnow juga tetap dibandrol dengan harga yang relatif rendah. Kamu juga bisa mendapatkan gratis ongkir jika melakukan pembelanjaan minimal Rp 50.000,-

Download aplikasi pasarnow sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.